Selasa, 19 Oktober 2010

FORMAT FILE AUDIO

Format file audio adalah format file untuk menyimpan audio data pada komputer sistem.  Hal ini bisa menjadi mentah bitstream , tetapi biasanya format wadah atau format data audio dengan lapisan penyimpanan yang ditetapkan.
Pendekatan umum terhadap menyimpan audio digital adalah untuk sampel tegangan audio yang, pada pemutaran, akan sesuai dengan tingkat tertentu sinyal dalam saluran individu dengan tertentu resolusi nomor-bit per sampel-dalam interval regular (membentuk kecepatan sampel ).  Data ini kemudian dapat disimpan tidak dikompresi, atau kompresi untuk mengurangi ukuran file.
Penting untuk membedakan antara format file dan codec .  Meskipun sebagian besar format file audio hanya mendukung satu jenis data audio (dibuat dengan coder audio ), sebuah wadah multimedia format (sebagai MKV atau AVI ) dapat mendukung beberapa jenis data audio dan video.

Ada tiga kelompok utama dari format file audio: 
1. Format audio terkompresi, seperti WAV , AIFF , AU atau mentah header-kurang PCM ;  
2. Format dengan lossless kompresi, seperti FLAC , Monkey's Audio ( ekstensi nama file APE), WavPack
(  nama file ekstensi WV), Mempersingkat , TTA , ATRAC Advanced Lossless, Apple Lossless , 4 MPEG-SLS , 4 MPEG-ALS , MPEG-4 DST , Windows Media Audio Lossless (WMA Lossless) .
3. format dengan lossy kompresi, seperti MP3 , Vorbis , Musepack , AAC , ATRAC dan lossy Windows Media Audio (WMA).

Bebas dan Format file terbuka
  1. wav - container format standar file audio yang digunakan terutama di Windows PC. Umumnya digunakan untuk menyimpan dikompresi ( PCM ), kualitas suara file-CD, yang berarti bahwa mereka bisa besar di-sekitar 10 MB ukuran per menit. Wave file juga dapat berisi data dikodekan dengan berbagai (lossy) codec untuk mengurangi ukuran file (misalnya GSM atau mp3 codec). Wav files use a RIFF structure. file Wav menggunakan RIFF struktur.  
  2. ogg - wadah bebas format, open source mendukung berbagai codec, yang paling populer yang merupakan Vorbis audio codec.Vorbis menawarkan kompresi mirip dengan MP3 tetapi kurang populer.
  3. mpc - Musepack atau MPC (sebelumnya dikenal sebagai MPEGplus, MPEG + atau MP +) adalah open source codec audio lossy, khusus dioptimalkan untuk transparan kompresi audio stereo pada bitrate dari 160-180 kb / s.
  4. flac - Free Lossless Audio Codec, sebuah codec kompresi lossless.
  5. aiff - format file audio standar yang digunakan oleh Apple.Hal ini seperti file wav untuk Mac .
  6. baku - baku file dapat berisi audio dalam codec apapun tetapi biasanya digunakan dengan data audio PCM. Hal ini jarang digunakan kecuali untuk tes teknis.
  7. au - format file audio standar yang digunakan oleh Sun , Unix dan Jawa .Audio dalam file au bisa PCM atau dikompresi dengan -hukum μ , hukum- atau G729 codec.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar